Dota 2

Tanggapan Koala & Varizh Terkait Pemblokiran Dota 2 oleh Kominfo

Rafdi Muhammad HabiburrahmanSaturday, 30 July 2022
Logo article
Ads

Koala dan Varizh selaku perwakilan tim Army Geniuses memberikan tanggapannya terkait pemblokiran Steam dan berdampak ke Dota 2 oleh Kominfo.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan memberikan tenggat waktu hingga 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB, kepada platform yang telah diberi teguran agar dapat mendaftarkan platform mereka di PSE.

Adapun platform yang di beri tenggat waktu oleh Kominfo:

  • Steam
  • Epic Games
  • Origin
  • Dota 2
  • Counter Strike: Global Offensive
  • Battlenet
  • Amazon
  • Bing
  • Paypal
  • Yahoo

Ada banyak yang tidak terima dengan keputusan yang diberlakukan oleh Kominfo ini, dan tentunya berdampak juga untuk industri esports.

BACA JUGA: Belum Terdaftar di PSE, Kominfo Resmi Blokir Steam, Epic Games, Origin, dan Paypal

Koala & Varizh Beri Komentar Tentang Pemblokiran Dota 2 dari Kominfo

kominfo blokir Dota 2

BACA JUGA: Ana & Ceb Akan Kembali Reuni di Arlington Major

RevivaLTV berhasil menghubungi 2 anggota Army Geniuses, yaitu Koala sebagai pelatih dan Varizh yang merupakan sang pemain.

Menurut mereka pemblokiran yang dilakukan oleh Kominfo terhadap Steam, bisa merugikan mereka dan tim Indonesia lain, apalagi ini menjelang kualifikasi The International.

"Menurut gua tetep rada ngerugiin semua orang kalau diblokir, (tapi) asal koneksi ke game servernya enggak digangguin sama Kominfo tidak masalah harusnya. (Sejauh ini) masih lancar kok, misalnya kalau stuck kita bakal pakai VPN," ucap Koala.

BACA JUGA: Fishman Bocorkan Pemain Fnatic yang Menjadi Stand In di Arlington Major

Koala Army Geniuses
Sumber: Army Geniuses

"Gua juga enggak bisa ngomong apa-apa sih masalah pemblokiran ini, cuma menurut gua kayak enggak make sense aja sampai harus di-blok gitu.

Kalau buat AG sih kita pasti cari cara untuk bisa main kayak misalnya coba pakai VPN, cuma kalau emang masih enggak bisa ya jujur itu mengganggu banget sih, soalnya kita kan juga lagi trial pemain dan TI qualifier itu harusnya enggak lama lagi mulai. Jadi merasa rugi banget kalau emang sampai enggak bisa latihan sama sekali," imbuh Varizh kepada RevivaLTV.

BACA JUGA: T1 Xepher Ungkap Rencana Pada TI Tahun Ini

Keduanya juga memberikan harapan untuk kedepannya agar masalah ini bisa cepat selesai dan menemukan solusinya.

"Ini harusnya ambil jalan tengahnya saja, semoga Valve bisa respon ke Kominfo biar masalah cepat selesai," tutur Koala.

"Ya gua cuma bisa bilang semoga masalah ini cepat ada solusinya aja sih, karena komunitas Dota 2 di Indonesia sendiri juga besar kan, semoga cepat kelar dan enggak ganggu aktivitas player Dota aja," pungkas Varizh.

Semoga saja masalah ini tidak berlarut-larut ya sobat RevivaL, agar tim-tim Indonesia tidak terkendala mengingat mereka akan melakukan kualifikasi regional untuk TI.

Ikuti linimasa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV

Home
News
Competition
Live Score
Videos