Dota 2

Kabar Baik, Valve Sedang Lengkapi Berkas Agar Steam Tidak Diblokir

Nauval HidayatMonday, 1 August 2022
Logo article
Ads

Kabar baik untuk Indonesia, Pihak kominfo menyatakan bahwa Valve sebagai pemegang Steam, Dota 2, dan CS:GO sedang melakukan pendaftaran PSE agar bisa kembali diakses.

Steam, Dota 2, dan CS:GO sendiri telah diblokir oleh Kominfo pada tanggal 30 Juni bersama dengan platform lainnya seperti Epic Games dan Origin.

Hal ini dikarenakan platform garapan Valve tersebut tidak melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sampai waktu yang telah ditentukan.

BACA JUGA: Mulai dari Mushi, David Beatt, Hingga Arap Komentari Pemblokiran Steam Oleh Kominfo

Valve Sedang Dalam Proses Pendaftaran Steam di PSE

Dota 2 Steam CS:GO Kominfo

BACA JUGA: CEO BOOM Esports Siap Wakili Indonesia ke Valve untuk Masalah Dota 2 yang Diblokir

Dirjen Aptika Kementrian Kominfo, Samuel A. Pangerapan menyatakan dalam konferensi pers, minggu (31/7/2022) bahwa pihak steam telah berhasil dikontak dan akan segera melakukan proses pendaftaran PSE.

"Kami sudah berhasil mengontak Steam, Dota dan Counter Strike, ada korespondensi. Mereka mengatakan sedang memproses (pendaftaran PSE). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan melengkapi dan dalam waktu dekat masyarakat bisa menggunakan kembali," ucap Samuel dikutip dari Liputan6.

Steam termasuk yang tidak mendaftar hingga tenggat akhir dan mendapatkan sanksi per Sabtu lalu, 29 Juli 2022, dan membuat masyarakat terutama pengguna platform menuai kontroversi.

BACA JUGA: Belum Terdaftar di PSE, Kominfo Resmi Blokir Steam, Epic Games, Origin, dan Paypal

Dalam konferensi pers, Samuel tidak menjelaskan kapan pastinya Steam, Dota, dan CS:GO bisa kembali diakses. Dirinya hanya menegaskan jika proses pendaftaran sudah selesai maka pemblokiran akan dicabut.

"Kami berkomunikasi lewat email. Jadi mohon maaf kepada teman-teman yang main game, sementara waktu ini masih ada kendala. Tapi mereka sedang melengkapi dan berkomitmen untuk mendaftar," tutur Samuel.

Pemblokiran Steam, Dota 2, dan CS:GO bisa dicabut dan bisa kembali dimainkan di Indonesia jika proses pendaftaran yang dilakukan telah selesai.

Kewajiban Mendaftar PSE merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup privat.

BACA JUGA: Tanggapan Koala & Varizh Terkait Pemblokiran Dota 2 oleh Kominfo

Ikuti linimasa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV

Home
News
Competition
Live Score
Videos