Mobile Legends

KB Jelaskan Perbedaan Tugas Analis Turnamen Mobile Legends dan Analis Tim

Pavel TanujayaThursday, 27 January 2022
Logo article
Ads

Pastinya kalian tahu mengenai analis selama pertandingan Mobile Legends bukan? Nah, apa sih tugas mereka dan apa bedanya dengan analis tim?

Saat turnamen MPL Indonesia sudah berhasil menarik banyak perhatian penonton, analis pun mulai muncul selama pertandingan. Salah satunya ada KB, yang merupakan caster Mobile Legends.

KB sudah dikenal sebagai salah satu analis esports Indonesia, yang selalu memberikan informasi ketika turnamen sedang dimulai. Banyak yang masih belum mengetahui apa sebenarnya tugas seorang analis.

Karena kita ketahui, sebuah tim profesional juga memiliki seorang analis, apakah sama atau tidak?

BACA JUGA: RRQ Xin Ungkap Mau Turun ke MDL dengan Satu Syarat

KB Jelaskan Tugas Seorang Analis di Turnamen Mobile Legends

Analis Mobile Legends
Photo via MPL ID

Melalui live streaming nya bersama dengan Aldean tegar, KB bantu menjelaskan kepada para penonton mengenai pekerjaannya selama menjadi analis di MPL Indonesia dan beberapa turnamen lainnya.

Analis menurut KB memiliki tugas untuk memberikan penjelasan terhadap apapun yang dilakukan oleh tim profesional selama pertandingan. Dapat dikatakan tugas seorang analis seperti seorang penerjemah.

"Analis itu, gua menjelaskan dari sisi entertain atau di depan layar, kita jadi translator atau yang ngejelasin ke penonton. Apa sih alasan tim ini ngambil hero ini, kenapa sih tim A ini main gameplay begini, kenapa pake formasi ini, misal kayak gitu.

Biar bener-bener orang yang enggak ngerti, jadi tau gitu pelan-pelan," jelas KB.

BACA JUGA: MDL Bocorkan Akan Ada Pemain M Series yang Bertanding di Season 5!

EVOS Wannn MDL
Photo via: Nimo TV Luch

Tentu saja tidak lupa ia juga menjelaskan mengenai tugas seorang analis dari tim profesional. Meskipun memiliki nama yang sama, tetapi fokus mereka adalah untuk meneliti tim lawan dan juga timnya sendiri.

Analis tim profesional memiliki tugas untuk mengumpulkan informasi mengenai lawan mereka, agar bisa memberikan saran apa yang harus dilakukan oleh timnya sendiri.

"Nah, kalau analis di tim, lebih ke nyari informasi lawan, ngumpulin data-data statistik, buat tim kitanya kayak alasan kita kalah, kalah lord kah atau kalah retribution kah, terus antisipasinya gimana, gitu-gitu," jelas KB.

BACA JUGA: Lemon Comeback di MPL ID Season 9, EVOS LJ Jadi Penasaran

Nah, bagaimana sobat RevivaL, semoga kalian mengerti penjelasan dari KB mengenai analis di dunia esports ya.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos