Mobile Legends

Lius Andre Bantu Tanggapi Opini Zeys Tentang Permasalahan Caster

Yohanes MelkyTuesday, 3 May 2022
Logo article
Ads

Sebagai caster non-MPL, Lius Andre bantu memberikan opini untuk meluruskan perihal caster yang sempat dibahas oleh Zeys.

Masalah seputar caster yang diutarakan Zeys sempat menarik perhatian pihak tertentu. Banyak opini yang mungkin menjadi pusat kontraversi antara coach EVOS Legends itu dengan netizen.

BACA JUGA: 100 Persen Win Rate, RRQ Akira Raih Gelar Juara MPL Brazil Season 2

Ada pun maksud dari ungkapan Zeys untuk menghimbau para caster MPL agar tidak terlalu menyudutkan beberapa pihak tim. Untuk itu, Lius Andre sebagai salah satu caster non-MPL ikut serta memberikan jawaban terbaiknya.

Mengingat posisinya di pro scene MPL, tentu saja Lius Andre memahami betul pemikiran dari Zeys. Namun sama halnya dengan CEO RRQ beberapa waktu silam, Lius memiliki sedikit opini yang berbeda.

BACA JUGA: Zeys Ungkap Alasan dan Tujuan Unggah Opini Terhadap Caster MPL di Story Instagram

Lius Andre Tanggapi Opini Zeys Tentang Masalah Caster

Photo via YouTube EVOS Zeys

BACA JUGA: RSG Raih Dua Gelar Juara MPL di PH & SG Sekaligus, Lolos ke MSC 2022!

Melalui kanal YouTube Zeys, ketika sedang membahas kembali perihal caster, Lius Andre ikut beropini. Menurutnya, apa yang diajukan oleh coach EVOS memang benar, tetapi ada beberapa hal yang patut diluruskan.

“Kita sebagai caster justru ketika terjadi missplay atau blunder pick, otomatis kita harus mention itu. Terutama ketika KB dalam sesi analisa. Kenapa tadi RRQ kalah? Karena tadi momen Lemon 1 vs 5, ini sebagai contohnya.” Ujar Lius Andre pada Zeys.

“Caster itu enggak boleh untuk mengeluarkan statement atau menghujat si player, kita justru harus membawa topik berdasarkan data yang terjadi di dalam game, sekali lagi base on fact bukan subjektif.” Tambah Lius Andre.

Menurut Lius, para caster tidak ada yang secara gamblang memberikan treatment over focuses pada salah satu tim saja. Mereka dituntut untuk menceritakan topik yang benar terjadi saat itu juga.

Tidak ada peran caster untuk menjatuhkan tim tertentu dengan suatu giringan opini belaka. Semua diinformasikan berdasarkan fakta pada saat pertandingan.

BACA JUGA: Unik! Pelatih RSG PH Lamar Kekasih di Atas Panggung MPL PH Season 9

Bagaimana menurut sobat RevivaL? Kira-kira apakah kalian setuju dengan pendapat Lius Andre seputar caster?

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos