Mobile Legends

Mulai dari Pause Hingga Wasit, Berikut Beberapa Aturan yang Ada di MPL ID Season 10

Pavel TanujayaSaturday, 30 July 2022
Logo article
Ads

Moonton Indonesia bersama dengan para tim MPL ID berkumpul dan membahas mengenai perubahan aturan untuk Season 10 nantinya, salah satunya tentang pause.

Workshop yang dilakukan pada tanggal 29 Juli 2022 ini mengumpulkan hampir semua tim MPL Indonesia, untuk membahas beberapa peraturan yang diubah oleh Moonton.

Perubahan peraturan ini tentunya ditujukkan untuk bisa membuat para pemain dan tim yang berkompetisi merasa adil, dan tidak ada kendala yang terjadi selama liga berjalan.

BACA JUGA: Tidak Disukai, Blacklist International Kembali Diskusikan Desain Skin M3 dengan Moonton

Perubahan / Penambahan Aturan di MPL ID Season 10

Wasit Venue Ditambahkan

Aturan Pause di MPL ID

Pastinya kita sudah mengetahui kasus pause yang sempat terjadi kepada salah satu tim di MPL ID Season 9 kemarin. Mengenai hal ini, Moonton menambahkan jumlah referee di atas venue.

Sebelumnya, mereka hanya memberikan dua wasit saja di masing-masing belakang tim, kali ini akan ada 4 wasit yang standby di mana setiap tim dipantau oleh 2 orang.

"Total 2 orang untuk setiap tim. Satu memegang ponsel menonton dalam game dan memantau permainan, satu lagi untuk memantau pemain, PING, dan perangkat pertandingan," ujar Yosephine, Esports Relationship Manager Moonton.

BACA JUGA: MPL ID Season 10 Resmi Tidak Gunakan Sistem Global Ban, Kenapa?

Pemain Tidak Diperbolehkan Komunikasi Saat Pause

Selama pause, para pemain tidak diperbolehkan berkomunikasi satu sama lain atau siapa pun yang tidak ada berada dalam pertandingan. Satu-satunya orang yang diizinkan untuk berkomunikasi dengan para pemain adalah referee.

Jika durasi pause diperpanjang, maka pihak MPL berhak mengizinkan komunikasi apapun antara anggota pertandingan. Jika lebih dari 10 menit, maka sudah dipastikan mereka boleh berkomunikasi.

Pelatih Harus Turun Ketika Draft Pick Selesai (Aturan Belum Final)

Zeys Coach
Photo via EVOS Legends

Ada pelatih dari tim yang diharuskan untuk turun dari atas venue tepat ketika draft pick sudah selesai. Peraturan ini pun mengundang para tim untuk memberikan suara mereka.

Beberapa tidak setuju dengan peraturan tersebut, karena diperlukan waktu lagi untuk melihat loading screen, agar bisa mengetahui emblem dan spell musuh.

Sebagian tim MPL berpendapat waktu harus diberikan kepada para pelatih setelah draft pick, dengan begitu tim bisa mengatur strategi. Oleh karena itu, peraturan ini masih didiskusikan oleh Moonton.

BACA JUGA: Branz Bongkar Alasan Terima Pinangan EVOS Walaupun Bermain di MDL

Asisten Pelatih Diperbolehkan Masuk Roster

Setiap tim diperbolehkan memiliki dua anggota yang dianggap sebagai asisten pelatih. Hanya saja mereka tidak diperbolehkan untuk mengikuti fase draft pick bersama dengan pelatih.

Keberadaan asisten pelatih, hanya membantu di luar venue, sedangkan untuk melakukan draft, tetap pelatih dan analis yang diperbolehkan untuk naik ke atas venue.

Asisten pelatih bisa saja naik ke atas venue, dengan syarat melalui transfer window yang ada. Wah, artinya beberapa tim bisa memiliki banyak pelatih dan rekan-rekannya nih di MPL ID Season 10.

BACA JUGA: Antimage Heran Wyvorz di Farewell EVOS Legends

Pemutusan First Pick Dijadikan 5 Menit (Aturan Belum Final)

Lemon Miya MPL Season 9
Photo via: MPL Indonesia

Untuk yang terakhir, mungkin beberapa dari kalian masih belum mengetahui. Setiap tim dibagi menjadi home dan away di setiap pertandingan. Tim home pada saat itu, bisa menentukan apakah ingin first pick di game pertama atau tidak.

Coach lah yang akan menentukan, dan Moonton memberikan waktu 5 menit sebelum pertandingan untuk memutuskan hal tersebut. Biasanya tim yang bermain online akan diberikan waktu 8 menit.

BACA JUGA: Pandangan MobaZane Terhadap Role Jungler Saat Ini, Sudah Tidak Berpengaruh!

Hal ini kembali menimbulkan diskusi untuk beberapa tim, karena mereka membutuhkan waktu yang lebih dari 5 menit untuk bisa memutuskan first pick atau tidaknya. Maka dari itu, diskusi mengenai peraturan ini masih berjalan.

Itu lah beberapa aturan yang akan hadir di MPL ID Season 10, semoga bisa berjalan lancar ya sobat RevivaL!

Ikuti linimasa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV

Home
News
Competition
Live Score
Videos