Mobile Legends

Tak Senada dengan Zeys, RRQ AP Justru Bela Para Caster

Yohanes MelkyMonday, 2 May 2022
Logo article
Ads

Andrian Pauline atau AP selaku CEO RRQ terlihat mempunyai pandangan yang berbeda dengan Zeys, yang baru-baru ini mengkritik para caster.

Peran caster di dunia pro scene memang tidak jauh dari komunikasi dengan para penonton. Pasalnya, mereka memiliki jangkauan terdekat dengan para netizen khususnya yang sedang menikmati suatu ajang tertentu.

BACA JUGA: Kelra Menangis Saat Pulangkan ONIC PH di Lower Bracket MPL PH S9, Kenapa?

Seperti pada MPL Indonesia Season 9 yang lalu, caster-caster telah mengisi kemeriahan panggung dengan informasi yang sering mereka utarakan. Baik dari segi permainan para pro player, tim, gurauan, hingga pembacaan komentar netizen pun tersampaikan melalui caster.

Diduga beberapa hal yang diucapkan caster bisa menjadi titik fokus berlebihan dan mampu menggiring opini netizen. Hal ini didasari oleh pembahasan mengenai satu tim dengan tim lainnya, dan beginilah tanggapan AP tentang itu.

BACA JUGA: Bones, Pemain Wanita Aogiri Family yang Jadi Line Up Inti di MPL MENA Spring 2022

RRQ AP Bela Caster dari Kritikan Zeys

BACA JUGA: Panda, Pelatih RSG PH yang Bawa Filipina Juara di SEA Games 2019

Melalui unggahan Instagram, AP membicarakan terkait permasalahan caster yang diduga mampu menjadi penggiring opini. CEO RRQ itu mengeluarkan argumennya untuk sedikit meluruskan pemikiran terkait caster, khususnya MPL.

“Buat saya peranan caster itu sangat penting. Menanggapi konten yang over-focus sehingga bisa menggiring opini, jujur enggak ada yang berlebihan. Saya sudah melihat 99% apa yang dibicarakan caster khususnya yang Bahasa Indonesia, masih dalam tahap normal. Kalau ada yang berlebihan juga harusnya ada teguran dari EO mereka.” Tutur AP.

BACA JUGA: Unik! Pelatih RSG PH Lamar Kekasih di Atas Panggung MPL PH Season 9

“Mungkin caster-caster yang restream, soalnya mereka kan ada nge-pro ke satu tim. Bisa aja itu kan buat hiburan, jadi enggak bisa disalahin. Kalau main jelek, caster kan juga enggak perlu ngomong dia main jelek pun satu Indonesia juga tahu.” Tambah AP.

Menurut AP, kinerja para caster resmi MPL sudah sangat baik. Tidak ada hal yang menjadi over-focus sehingga merugikan salah satu pihak tim.

Menanggapi perselisihan kecil yang terjadi, AP berharap agar tidak ada kesalahpahaman yang berkepanjangan. Hingga akhirnya AP merasa tidak ada hal yang janggal untuk dibahas perihal caster saat ini yang justru sudah semakin membaik.

BACA JUGA: RSG Raih Dua Gelar Juara MPL di PH & SG Sekaligus, Lolos ke MSC 2022!

Bagaimana menurut sobat RevivaL? Apakah kalian setuju dengan pendapat dari AP?

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos