News

Apa itu KITAS dan Mengapa Wajib Dimiliki Oleh Pemain Asing di Indonesia?

Pavel TanujayaMonday, 15 August 2022
Logo article
Ads

Sebagai pemain yang bukan kewarganegaraan Indonesia, ternyata wajib memiliki kartu yang dinamakan KITAS, apa itu dan kira-kira apa fungsinya ya?

Scene kompetitif Indonesia semakin membesar dan dikenal beberapa pemain asing dari negara lain. Beberapa divisi game cukup menarik perhatian mereka, karena keahlian dari pemain di Tanah Air.

Tingkat ketertarikan pemain dari luar Indonesia untuk ikut berkompetisi di negara kita pun semakin besar. Mobile Legends, PUBG Mobile, Dota 2, VALORANT dan banyak game lainnya saat ini sudah kedatangan pemain asing.

Bagi yang mengikuti kedatangan mereka, pastinya pernah mendengar mengenai KITAS, kartu yang wajib dimiliki oleh pemain asing. Apa itu KITAS sebenarnya?

BACA JUGA: Kapan Hades Bermain di MPL ID Season 10? Ini Jawaban Owner Geek Fam

KITAS, Kartu Wajib Pemain Asing di Indonesia

KITAS / Kartu Ijin Tinggal Terbatas adalah kartu yang diperuntukkan untuk seluruh Warga Negara Asing yang bekerja di Indonesia, agar mereka bisa menetap di negara kita.

Kartu ini pun memiliki batas waktu, di mana per 1 tahun sekali, mereka harus memperpanjang masanya jika masih ingin berada di Indonesia.

Melihat pemain profesional harus terus menerus menetap di Indonesia, maka mereka memerlukan Kartu Ijin ini agar tidak dikira sebagai penghuni gelap.

BACA JUGA: Trio BTK Ingin Bermain di Tim Indonesia Ini Jika Bertanding di MPL ID Usai M4

KITAS Pro Player
Photo via: bisaberes.com

BACA JUGA: Ketik All Chat "BOT" Kepada K1, OG Ammar Banjir Hujatan di Kolom Komentar Instagram

Untuk mendapatkan kartu ini, mereka harus memiliki pekerjaan di Indonesia dan mendapat sponsor dari perusahaan tempat Warga Negara Asing tersebut bekerja.

Pastinya para pemain akan dibantu oleh tim masing-masing untuk bisa mempersiapkan data yang diperlukan. Seperti yang kita ketahui, pembuatan KITAS sendiri tidak sebentar.

Menurut data yang dikumpulkan dari para tim profesional, pembuatan KITAS itu berada di kisaran 3 minggu. Oleh karena itu, persiapan mendatangkan pemain profesional tentu sangat lama.

Teruntuk para pemain, tentunya mereka tidak dapat bertanding dalam turnamen manapun sebelum KITAS masing-masing sudah jadi. Mereka baru bisa menjalankan tugasnya di Indonesia, jika kartu ini sudah di tangan.

BACA JUGA: Apakah EVOS Sudah Beradaptasi Tanpa Kehadiran Trio M1? Begini Jawaban God1va

KITAS Pemain Asing

BACA JUGA: Kerap Dapat Komentar Berbau Pelecehan di Media Sosial, Begini Cara BTR Mute Menyikapi

Maka dari itu, jika kalian menantikan sosok pemain asing untuk langsung bermain di sebuah pertandingan, coba tanyakan mengenai KITAS mereka dulu ya sobat RevivaL, apakah sudah jadi atau belum?

Jika KITAS mereka sudah jadi lalu tetap tidak dimainkan baru menjadi sebuah pertanyaan, tetapi kalau belum jadi ya wajar kalau mereka belum diperbolehkan untuk bermain ya.

Ikuti linimasa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV - PT Garuda Muthia Shandy

Home
News
Competition
Live Score
Videos