News

Kemendikbudristek Jawab Isu Esports Masuk Kurikulum Sekolah

Adrian FabianoThursday, 2 December 2021
Logo article
Ads

Setelah ada kabar tentang esports akan masuk ke kurikulum sekolah, Anindito Aditomo sebagai perwakilan Kemendikbudristek angkat suara.

https://wp.revivaltv.id/ibnu-riza-edukasi-esports/

Anindito Aditomo adalah kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen Pendidikan Kemendikbudristek dan juga peneliti di Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK).

Kemendikbudristrek sendiri merupakan singkatan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, bertujuan untuk menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan di Indonesia

Anindito Aditomo ikut berkomentar di berita yang sedang hangat-hangatnya, yaitu esports akan masuk ke kurikulum sekolah tingkat SMP dan SMA.melalui CNN Indonesia.

BACA JUGA: Esports Akan Masuk Kurikulum di Sekolah Kejuruan

Isu Esports Masuk Kurikulum Sekolah

Anindito Aditomo
Foto via: instagram/ninoaditomo

Dirinya meluruskan apa yang dikatakan oleh ketua bidang humas dan komunikasi PBESI, yaitu Ashadi Ang yang saat itu berada acara diskusi virtual pada hari Rabu 24 November 2021 silam.

"Esports tidak masuk kurikulum nasional. Sekolah boleh saja memasukkan konten tersebut jika dipandang relevan untuk kebutuhan dan konteksnya," ujar Anindito Aditomo dilansir CNN Indonesia.

"Sebenarnya yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek bukanlah kurikulum sekolah, melainkan kerangka dan struktur dasar kurikulum. Sekolah lah yang berwenang mengembangkan kurikulum operasional yang menjadi panduan bagi guru untuk melakukan pembelajaran di kelas," lanjut Anindito Aditomo.

BACA JUGA: MPL Indonesia Unggah Permohonan Maaf Kepada Tim Kamboja, SeeYouSoon

Memang banyak yang mendukung tentang esports untuk ada di kurikulum, tetapi ruang kurikulum sangatlah terbatas jadi tidak semua materi akan masuk nantinya.

Hal yang ditakutkan terjadi, yaitu jika esports tidak cocok atau kurikulum semakin banyak, nantinya yang akan menjadi korban dengan tekanan tersebut adalah siswa itu sendiri.

BACA JUGA: Ibnu Riza Berikan Saran Untuk OPI Esports

Kurikulum yang padat juga akan berakibat buruk bagi pendidikan, seperti kurang penjelasan terperinci pada sebuah pelajaran dan tugas sekolah akan lebih banyak dan menumpuk nantinya.

Bagaimana menurut kalian, tentang apa yang dikatakan oleh perwakilan dari Kemendikbudristek tentang esport akan masuk ke kurikulum sekolah?

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTubeInstagramFacebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV - PT Garuda Muthia Shandy

Home
News
Competition
Live Score
Videos