Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok Berencana Adakan Turnamen Esports Baru Mulai Tahun Depan

RevivalTVSaturday, 16 November 2019
Logo article
Ads

Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok memang memiliki perkembangan esports yang cukup pesat di Asia Timur dan mungkin adalah yang paling pesat di Asia.

Tidak hanya berhasil muncul sebagai region yang sangat dominan pada beberapa cabang esports, ketiga negara ini juga kerap menyumbang berbagai pemain-pemain yang memiliki nama besar di kancah esports seperti Daigo Umehara, Faker, JDCR, Momochi, fy, dan JackeyLove.

Sumber: Pandaily

Ketiga negara tersebut juga memiliki playerbase yang sangat solid pada beberapa cabang esports sehingga kompetisi di tiga negara tersebut bisa terus berkembang. Kesuksesan besar di dunia esports yang berhasil diraih tampaknya membuat mereka tertarik untuk menyelenggarakan turnamen esports gabungan.

Pada hari ini, tiga perwakilan dari Korea Esports Association (KeSPA), China Culture and Entertainment Industry Association (CCEA), dan Japan Esports Union (JeSU) resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada acara tahunan Trilateral Cultural Content Forum keduabelas.

MoU tersebut berisikan ajakan kepada tiga negara tersebut untuk menyelenggarakan sebuah turnamen esports antar ketiga negara tersebut.

"Selama beberapa tahun terakhir, KeSPA telah menerapkan pertukaran esports Korea-Cina, dan Korea-Jepang. Sementara itu, acara pertukaran tidak memiliki status kompetisi nasional formal karena kurangnya pemerintah masing-masing negara yang mengakui kompetisi bersama."

"Hal tersebut menyulitkan pemain terbaik untuk mewakili masing-masing negaranya untuk berpartisipasi dalam tim nasional seperti yang mereka lakukan di Asian Games."

"Kami berharap bahwa melalui kompetisi esports resmi antara Korea, Cina, dan Jepang, ketiga negara akan bekerja sama dalam menciptakan standar untuk kompetisi nasional eSports dan lebih lanjut memajukan pengembangan esports di Asia," tulis KeSPA di website resminya.

Turnamen esports antar ketiga negara tersebut akan mulai diselenggarakan pada tahun depan dengan Korea Selatan sebagai tuan rumah. Untuk detil cabang esports apa saja yang akan dipertandingkan masih belum dijelaskan.

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos