Mobile Legends

Mobile Legends Jadi Nomor 1 MOBA Mobile di Asia!

Pavel TanujayaThursday, 11 November 2021
Logo article
Ads

Berdasarkan data yang didapatkan dari Esports Charts, Mobile Legends adalah game yang paling lama ditonton di Asia Tenggara, menjadikan game tersebut sebagai MOBA Mobile Nomor 1.

https://wp.revivaltv.id/mpli-2021-luminaire-zeys/

Perkembangan epsorts di dunia sudah berkembang dengan sangat luas di seluruh dunia, terutama di Asia, di mana banyak sekali pemain yang sangat antusias dalam mengasah kemampuan mereka dalam bidang tersebut.

Siapa sangka ternyata perkembangan mobile esports pun juga berkembang dengan sangat pesat terutama di Asia, dan Esports Charts telah menghitung bahwa Mobile Legends menjadi game yang paling favorit di Asia Tenggara.

BACA JUGA: Jungler Mobile Legends Terkuat Season 22 Versi RRQ Lemon

Mobile Legends Jadi Game MOBA Mobile Nomor 1 di Asia

Esports Charts Mobile Legends
Photo via: Esports Charts

Perhitungan yang dilakukan oleh Esports Charts berdasarkan dari jam menonton para netizen yang diluangkan untuk menonton pertandingan masing-masing turnamen, tidak termasuk turnamen internasional.

Mobile Legends: Bang Bang telah menempati posisi paling banyak di antara genre MOBA lainnya di Asia Tenggara. Dapat dilihat bahwa turnamen Mobile Legends paling banyak ditonton di Indonesia.

Liga MPL Indonesia secara teratur mencetak rekor baru tidak hanya di mobile esports, tetapi di kancah esports secara keseluruhan. Liga lainnya di Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Singapura juga berkontribusi untuk meningkatkan indikator disiplin di wilayah tersebut.

Sumber: Mobile Legends

Untuk gelombang liga regional berikutnya, pengembang telah membagi Malaysia dan Singapura menjadi dua wilayah terpisah, dan juga memasuki pasar baru di Kamboja dan Brasil.

"Pencapaian ini tentu saja tak terlepas atas kontribusi serta peran dari semua pihak yang telah mendukung kami selama ini termasuk pecinta MLBB, stakeholders, dan media. Kami berkomitmen untuk terus memberikan hiburan dan layanan terbaik serta berkontribusi terhadap ekosistem esports di Tanah Air," ujar Azwin Nugraha, Public Relations & Communications Manager Moonton di Jakarta, Senin (8/11).

Di MPL Indonesia Season 8 yang baru saja rampung akhir Oktober lalu, pertandingan final antara ONIC Esports vs RRQ Hoshi mampu memecahkan rekor sebelumnya dalam jumlah audience yang menonton secara bersamaan (peak concurrent viewers/pcu). 

BACA JUGA: PUBG Mobile Kolaborasi dengan Arcane League of Legends

Peak VIews MPL ID Season 8
Photo via: Esports Charts

Selama 3 bulan berturut-turut bahkan MPL Indonesia berhasil menjadi turnamen terpopuler di tahun 2021 ini saat MPL ID Season 8 kemarin sedang berjalan, bahkan sempat mengalahkan Worlds Championship 2021.

Berbeda dengan negara di atas, Thailand dan Vietnam mendominasi dalam game Arena of Valor (AoV) yang juga merupakan salah satu game MOBA yang besar, terutama di Asia.

Melihat game shooter mobile, ada PUBG Mobile dan Free Fire yang berhasil mendominasi Asia, seperti Tiongkok yang berhasil membuat game PUBG Mobile mendominasi hampir setengah dari Asia.

BACA JUGA: Reaksi Oura & Donkey Lihat EVOS Lepas Ling Albert di MPLI 2021

Sayangnya region Tiongkok tidak melakukan siaran untuk para penggemar di luar negara mereka, tetapi tetap berhasil mengumpulkan waktu menonton yang sangat besar dibandingkan negara lain.

Kesimpulan yang didapatkan adalah Mobile Legends dan PUBG Mobile menjadi dua game yang memiliki jumlah waktu menonton paling besar di Asia, menjadikan kedua game tersebut memimpin sebagai game mobile terfavorit 2021.

Ikuti lini masa RevivaLTV di YouTube, Instagram, Facebook dan Revivalpedia untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar esports.

Editor: Rafdi Muhammad

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV - PT Garuda Muthia Shandy

Home
News
Competition
Live Score
Videos