Dota 2

[OPINI] Update Outlanders Dota 2, Halangan Bagi Para Pemain Baru?

Rafdi Muhammad HabiburrahmanThursday, 28 November 2019
Logo article
Ads

Pada tanggal 26 November 2019 lalu, Valve telah merilis update yang telah ditunggu-tunggu oleh komunitas Dota 2, yaitu Outlanders Update.

Tidak hanya menghadirkan 2 hero baru yaitu Void Spirit dan Snapfire, ada banyak perubahan pada Dota 2 dan bahkan dengan hadirnya Outlanders Update, Dota 2 layak disebut telah melakukan transformasi menjadi "Dota 3".

Perubahan besar yang terjadi pada Dota 2 adalah perubahan map layout, level hero yang mencapai level 30, hadirnya bangunan Outpost pengganti side shop dan Neutral Creeps yang kini bisa melakukan drop items.

Neutral Creeps
Sumber: Dota 2

Dota 2 yang sudah dikenal sebagai game yang "tidak ramah untuk newbie" karena mekanikanya yang terlampau lebih rumit daripada pesaingnya yaitu League of Legends.

Mekanik yang bisa dikatakan rumit bisa dilihat dari sistem denied di mana sistem ini tidak ada di League of Legends, dan juga fitur pada terrain Dota 2 di mana pohon bisa dimanfaatkan sehingga butuh waktu untuk mempelajari dasar-dasar dari Dota 2.

Bukannya "lebih memudahkan" mekanika dari Dota 2, Valve dan IceFrog tampaknya ingin membuat Dota 2 tetap menjadi game yang eksklusif dan susah dimainkan dengan perubahan yang dilakukan pada Outlanders Update, sehingga Dota 2 lebih sulit untuk pemain baru bahkan bisa saja Dota 2 akan kesulitan mendapatkan pemain baru untuk Dota 2.

BACA JUGA: Team Secret Terjun ke Ranah CS:GO dengan Roster m1x

Statistik Dota 2
Sumber: Steam Charts

Jika kita lihat statistik jumlah pemain Dota 2 sejak awal dipublikasi hingga sekarang cenderung mengalami penurunan walaupun tidak signifikan.

Stagnannya jumlah pemain Dota 2 dikarenakan banyak aspek, akan tetapi satu hal yang pasti, Dota 2 sangat tidak ramah pada pemain baru dengan mekanikanya yang rumit, bahkan tutorial yang diberikan Dota 2 tidak bisa mengakomodasi pemain baru ketika bermain Dota 2 bersama yang lain.

Dengan adanya Outlanders Update yang mempunyai banyak perubahan saja akan membuat pemain lama membutuhkan waktu untuk "mencerna" semua informasi, apalagi untuk pemain baru yang ingin mencoba Dota 2.

Hasil gambar untuk outlanders update"
Sumber: Dota 2

Selain dari sistem mekanika yang rumit, Dota 2 juga mempunyai items yang sangat banyak sehingga membuat bingung pemain baru, terlebih lagi 1 hero bisa dimainkan diberbagai role sehingga penyesuaian items menjadi sangat krusial,

Dengan adanya tambahan items yang banyak hasil drop Neutral Creeps, membuat Dota 2 semakin sulit lagi dimengerti oleh pemain yang ingin mencoba bermain Dota 2.

Karena itu, baik Valve ataupun IceFrog memang terlihat tidak memikirkan untuk membuat Dota 2 lebih mudah dimainkan agar bisa menarik pemain baru, tetapi lebih kepada mempertahankan pemain lama yang ada.

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV - PT Garuda Muthia Shandy

Home
News
Competition
Live Score
Videos