League Of Legends

Viewership, Partnership, Popularitas, Ekonomi: Riot Games Ungkap Statistik Menarik Seputar LCS 2019

RevivalTVTuesday, 17 December 2019
Logo article
Ads

Tahun 2019 ini menjadi tahun kedua penyelenggaraan liga franchise LCS sejak dimulai pada tahun 2018 lalu. Sepanjang tahun ini pula, LCS terus menunjukkan perkembangan.

Sebagai salah satu liga esports paling besar di dunia, perkembangan yang ditunjukkan LCS pada tahun ini bisa dibilang jauh lebih signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

LoL Esports

Angka viewership yang terus meningkat, hadirnya partner-partner baru, dan popularitas secara keseluruhan yang meningkat menjadikan turnamen di regional Amerika Utara ini mampu bersaing dengan olahra-olahraga tradisional besar lainnya.

Tak hanya mengalami peningkatan popularitas saja secara keseluruhan, LCS juga mampu menciptakan efek ekonomi yang positif bagi wilayah yaang sempat menjadi tempat penyelenggara babak Playoffs.

Pada hari ini (17/12), Riot Games resmi memperlihatkan beberapa statistik dan fakta menarik seputar pencapaian LCS pada tahun ini. Seperti apa statistik-statistik tersebut? Mari kita lihat satu per satu.

statistik lcs 2019
Riot Games

Kita mulai dari statistik pertama mengenai popularitas LCS. Detroit selaku penyelenggara LCS Summer Finals 2019 pada Agustus lalu ikut merasakan perkembangan ekonomi yang positif.

Berdasarkan statistik yang dikumpulkan, LCS berhasil menyumbang pendapatan wilayah sebesar USD 5,44 Juta (sekitar 76 Miliar Rupiah) dari penyelenggaraan babak Final selama dua hari saja.

Popularitas LCS yang terus meningkat juga membuat LCS bisa bersaing dengan olahraga-olahraga tradisional populer di Amerika Serikat.

Berdasarkan statistik yang dikumpulkan Nielsen, LCS berhasil menempati posisi ketiga sebagai olahraga yang paling banyak ditonton oleh orang berusia 18-34 tahun di Amerika Serikat tepat dibelakang NBA dan NFL.

Data ini berhasil didapat dari mengumpulkan rata-rata menit penonton setiap individu yang menonton LCS Spring dan Summer pada tahun ini.

Angka viewership juga menunjukkan angka yang tidak kalah positif. Dari Spring Finals saja, total ada 609.000 penonton yang menonton dengan rata-rata 433.000 penonton.

Selain itu, total ada 53.000 orang yang menghadiri LCS Spring Finals 2019. Dari seluruh penonton tersebut, LCS Spring Finals 2019 ditonton selama 2,4 Juta Jam.

Riot Games

Statistik berikutnya memperlihatkan seputar partnership LCS. Sepanjang tahun ini, LCS kedatangan banyak sekali partner baru dan kini LCS memiliki 12 partner.

Partner-partner tersebut adalah Alienware, Caffeine, Honda, Mastercard, Panasonic, Red Bull, Rocket Mortgage, Secretlab, SNAPS, StateFarm, U.GG, dan We Are Nations.

Partner-partner tersebut juga ikut berpartisipasi meramaikan LCS dalam berbagai hal seperti:

  • Rocket Morgage menjadi sponsor utama pertama untuk LCS Finals
  • Honda menjadi sponsor utama Scouting Grounds dan penghargaan MVP
  • Alienware memberikan dukungan selama event Rift Rivals 2019 lewat Champion Select dan sabuk khusus pemenang event 2v2
  • Statistik Red Bull Power Play powered Baron Buff 
  • StateFarm menjadi sponsor utama Meja Analis LCS dan memperpanjang kerjasama hingga 2021
statistik lcs 2019
Riot Games

Jika statistik-statistik sebelumnya seputar LCS, maka statistik berikutnya ini seputar permainan di LCS.

Tiga pemain Clutch Gaming yakni Lira, Huni, dan Vulcan berhasil mencatatkan angka bermain di LCS terbanyak tahun ini dengan total 63 game dari Spring hingga Summer. Ketiga pemain ini juga ikut tampil di Worlds 2019 sebagai perwakilan ketiga.

Sedangkan untuk angka objektif, 1118 Elemental Dragon sudah terbunuh, 63 Elder Dragon berhasil ditaklukkan, 365 Baron berhasil didapatkan, dan ada 15 Baron yang dicuri oleh tim lawan.

Aatrox menjadi champion yang diperhitungkan di LCS dengan angka ban tertinggi sebanyak 101 sementara Irelia menjadi champion yang populer dengan angka pick sebanyak 131. Meskipun tidak sepopuler Aatrox dan Irelia, Ezreal memiliki angka kemenangan yang tinggi sebesar 55.

Riot Games juga ikut memperlihatkan statistik seputar skill yang ditekan oleh pemain dan champion sepanjang tahun ini.

  • Q paling banyak ditekan oleh Huni (12062) dan Ezreal (41198)
  • W paling banyak ditekan oleh Lira (7011) dan Rek'Sai (10563)
  • E paling banyak ditekan oleh Huni (10492) dan Aatrox (13944)
  • R paling banyak ditekan oleh Bjergsen (12609) dan Jayce (7887)
  • D paling banyak ditekan oleh Lira (924) dan Jarvan IV (1199)
  • F paling banyak ditekan oleh Wiggily (892) dan Sejuani (747)
statistik lcs 2019
LoL Esports

Melihat besarnya perkembangan yang ditunjukkan oleh LCS pada tahun ini, tahun depan LCS diharapkan untuk mencapai pencapaian serupa atau melebihi pencapaian pada tahun ini.

Editor: Yubian Asfar

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Logo

Platform Esports Indonesia, Tempatnya berita Esports Indonesia terbaru dan terlengkap hanya ada di RevivaLTV. Tempatnya berita tentang Esports, Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan banyak lainnya.

Connect With Us

Copyright © 2016-2022 Revival TV

Home
News
Competition
Live Score
Videos