Dota 2

[Statistik] TI9 dalam Angka: Tim dan Pemain yang Melakukan Stacking Terbanyak - Part 1

Rafdi Muhammad HabiburrahmanMonday, 2 September 2019
Logo article
Ads

The International 2019 memang telah usai, namun masih terbesit dalam pikiran kita bagaimana pertandingan kelas atas yang hadir pada The International 2019.

Kita terkagum-kagum pada kedalaman pengetahuan yang dimiliki para pemain profesional. Tetapi ada fakta menarik yang hadir pada TI9 yang tentunya mempengaruhi jalannya permainan, yaitu stacking.

Mengapa stacking mempengaruhi jalannya permainan? karena dengan stacking, pemain bisa mendapatkan pundi-pundi gold dengan cepat untuk menyelesaikan item early game mereka. dan berikut data tim dan pemain kala melakukan stacking pada main event TI9.


Stacking Berdasarkan Jumlah Game

Stacking Dota 2 TI9
Sumber: VP Esports

Selain Team Secret, yang memiliki rata-rata enam stack per game, setiap tim di 12 teratas memiliki rata-rata delapan stack per game. Empat tim terbawah adalah tim yang bermain hanya satu pertandingan sehingga wajar sangat sedikit stack mereka.

Mengapa tim harus melakukan stacking? misal setiap tim melakukan 10 stack, gold rata-rata dari semua jenis kamp 95-115. Total 10 stack akan menjadi 950-1150 gold tambahan. Gold ini ketika disuntikkan pada waktu yang tepat untuk core, akan mendapatkan BKB dan yang berpotensi mengubah keseluruhan permainan.

Data diatas menunjukan Team Secret jarang melakukan stacking, dan PSG.LGD, Evil Geniuses, TNC Predator, lalu ViCi Gaming menjadi tim yang melakukan stacking terbanyak.


Stacking Berdasarkan Jam Bermain

Stacking Dota 2 TI9
Sumber: VP Esports

PSG.LGD adalah tim dengan stacking yang "gila", yaitu 16.1 per jam. Itulah alasan utama Wang 'Ame' Chunyu memiliki GPM rata-rata yang sangat tinggi tanpa bermain Alchemist sama sekali di TI9. 

BACA JUGA: Alpha X Hashtag, Hadirnya Kekuatan Baru SEA dan Kembaliya Meracle

Dua tim yang mengalahkan PSG.LGD di mana melakukan stacking lebih gila lagi adalah Evil Geniuses dan ViCi Gamin, yang keduanya masuk enam besar di TI9.


Stacking Berdasarkan Pemain

Stacking Dota 2 TI9
Sumber: VP Esports

Tal 'Fly' Aizik mencetak rekor sebagai pemain yang melakukan stacking terbanyak untuk pemain tunggal dengan 14 stack dalam game 1 melawan Team Secret.

Menariknya, w33 dari Team Liquid adalah satu-satunya core yang memiliki jumlah stacking yang dapat bersaing dengan role support. Dalam banyak game, w33 sering tidak memiliki awal yang baik, tetapi ia berhasil survive karena mandiri untuk melakukan stack yang kemudian membawa dia dalam kondisi yang baik saat pertengahan pertandingan.


Jadi untuk sobat Revival, jangan ragu untuk melakukan stack untuk diri sendiri, walaupun sobat Revival bukan support. Tapi kalau medal Herald sampai Archon emang ada yang stacking? hehehe.

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos