Others

Diprediksi Tahun 2023 Gamers Tiongkok Sentuh Angka 873 Juta Pemain!

JuandiTuesday, 30 April 2019
Logo article
Ads

Dilansir dari ESTNN dengan laporan Douyu selaku salah satu platform streaming ternama di daratan Tiongkok, bahwa pasar gaming di Tiongkok akan mencapai angka 873 juta pemain di akhir tahun 2023, atau sekitar 5 tahun lagi dari sekarang.

Tidak diragukan lagi bahwa Tiongkok mempunyai pangsa pasar yang besar di ranah game dunia. Seperti data yang diungkap oleh Douyu di laporannya bahwa 31% keuntungan di ranah gaming diperoleh dari Tiongkok.

Tim Nasional China berhasil merebut medali di Asian Games 2018. (Sumber: EsportsID)

Persentase besar di wilayah Tiongkok diikuti dengan laporan bahwa 1 dari 3 warga Republik Rakyat Tiongkok merupakan gamer.

Populasi ini diperkirakan akan terus naik seiring dengan industri gaming dan esports yang makin merambah ranah mainstream.

Data yang Douyu berikan menyatakan bahwa pasar gaming di China mewakili 30% pendapatan gaming global.


Data Game Populer di China

Douyu menerangkan bahwa setidaknya setengah dari 50 game populer di Tiongkok berkategori esports. Dengan data itu, dapat disimpulkan bahwa 50% gamer di China merupakan "esports gamers".

Seperti data yang diterangkan bahwa esports gamers telah berkembang pesat dari yang awalnya 19.4% di tahun 2015, dan kini lebih dari 51.3% di tahun 2018, dan diperkirakan akan terus memakan porsi casual gamers di China.

Game terpopuler di China. (Sumber: ESTNN)
(Sumber: ESTNN)

Bahkan dari data tersebut, diungkapkan bahwa ranah hiburan game di Tiongkok lebih tinggi daripada musik, hingga pembelajaran. Berbanding hampir 10x dari game.

Data singkat ini menunjukan ranah gaming merupakan ranah empuk bagi para kreator dan perusahaan entertaiment masuk.

Walaupun begitu, masih banyak polemik tentang peraturan ketat dari pemerintah Tiongkok tentang pengedaran dan ketentuan game di Tiongkok. Salah satu yang terkena imbasnya merupakan industri streaming, dan pengembang.

https://wp.revivaltv.id/dota-2-kembali-dapatkan-bug-6-pemain-melawan-5-pemain/

Dan satu yang terkenal adalah isu tegang antara beberapa publisher game ternama seperti Tencent, Riot Games, dan Hi-Rez tentang regulasi gaming di Tiongkok.

BACA JUGA: Tencent Umumkan Peraturan Streaming Gaming di China! Perlukah di Indonesia?

Mengingat Indonesia masih masuk ke dalam 1 benua yang sama dengan Tiongkok, prediksi berkembangnya gamer Tiongkok bisa menggambarkan ranah gaming Indonesia yang saat ini masih sangat berkembang, dan belum menemui titik jenuhnya.

Apakah nantinya industri gaming Indonesia juga dapat berkembang layaknya optimisme pasar gaming Tiongkok saat ini?

Editor: Yubian Asfar

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos