Dota 2

Bukan Hanya Sebagai Drafter, Berikut 4 Tugas Kapten Tim Dota 2

Rafdi Muhammad HabiburrahmanMonday, 18 March 2019
Logo article
Ads

Kehadiran sesosok kapten dalam tim Dota 2 merupakan suatu hal yang penting bagi tim.

Seorang kapten tim harus bisa memandu anggota timnya menuju kemenangan. Kapten tim tidaklah harus seseorang yang paling hebat dalam tim tersebut, melainkan menjadi otak dari tim tersebut.

Kapten tim memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri untuk tim, dan berikut empat tugas kapten tim Dota 2:

1. Drafter

kuroky team liquid artifact
Sumber: Valve

Seorang kapten tim Dota 2 tidak lepas dari menjadi seorang drafter, Clement "Puppey" Ivanov dan Peter "ppd" Dager menjadi duo kapten yang draft-nya sulit ditebak.

Yang menarik dari peran drafter ini adalah, orang-orang mengira kapten timlah yang memutuskannya sendiri, padahal tidak.

Sering kali masing-masing pemain memiliki ide mereka sendiri dan menyampaikannya kepada kapten walaupun keputusan akhir draft tersebut tetap terletak pada keputusan kapten.

2. Emotional Leader

tugas kapten tim dota2
Sumber: Theplayertribune

Masih ingat dengan True Sight The International 2017 di mana Kuro "Kuroky" Salehi Takhasomi mengatakan "Dont give a f*ck" kepada rekan timnya?

Hal itu dilakukan oleh Kuroky untuk meningkatkan kepercayaan diri serta memberikan energi pada rekan setimnya.

Karena itu, memiliki pemimpin emosional dapat menjadi hal penting dalam kesuksesan tim karena mereka dapat memodulasi emosi di tim. Di lain waktu mereka dapat menenangkan tim dan membuat para pemain fokus secara mental.

3. Cultural Leader

tugas kapten tim dota2
Sumber: Ninja in Pyjamas

Dalam memimpin, kapten tim masing-masing mempunyai budaya kepemimpinannya yang tidak lepas dari peran emosional kapten itu sendiri.

Kapten tim adalah orang-orang yang akhirnya memutuskan suasana tim, latihan tim, dan sikap yang mereka ambil terhadap turnamen.

Dua contoh terbaik adalah Kuroky dan PPD. Dalam kasus Kuroky, ia memberikan contoh melalui permainan pribadinya dan sikap tenangnya.

https://wp.revivaltv.id/11-tips-keren-untuk-kamu-yang-ingin-jadi-champion-di-apex-legends/

Dia adalah seseorang yang dihormati semua orang dan karena itu, rekan satu timnya secara alami mengikuti jejaknya dalam bagaimana mereka berperilaku dalam kompetisi Dota 2.

PPD saat di EG lebih seperti diktator. Dia menuntut keunggulan dirinya dan
berharap rekan setimnya untuk mengakuinya.

Hal itu yang menjadikan munculnya desas-desus bahwa EG selalu berkelahi, tetapi mereka selalu menyampingkan semua masalah dan tampil baik dalam turnamen.

4. Strategi Tim

tugas kapten tim dota2
Sumber: Virtus Pro Chongqing Major

Yang terakhir tentunya seorang kapten tim Dota 2 harus pintar mengatur strategi untuk timnya.

Seorang kapten tim harus menjadi ahli strategi bagaimana harus meng-counter strategi lawan dengan ban dan pick.

BACA JUGA: Universitas Becker Resmi Buka Beasiswa Untuk Para Pemain Apex Legends!

Kapten tim juga harus bisa mengeluarkan potensi terbaik dari rekan setimnya dengan memberikan hero signature atau melihat kondisi lawan yang bisa dimanfaatkannya sebagai strategi balasan.


Itulah keempat tugas besar dari seorang kapten tim di Dota 2, atau bahkan di game apapun, keempat tugas besar ini harus dilakukan oleh seorang kapten tim.

Editor: Yubian Asfar

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos