Counter-Strike

Revival's Special-Tutorial CSGO: 7 Tips untuk Bermain Layaknya Pemain Pro

JuandiTuesday, 28 November 2017
Logo article
Ads

Counter Strike:Global Offensive adalah permainan yang memerlukan ratusan hingga ribuan jam agar kamu dapat mengerti dan bermain dengan benar. Agar kamu dapat berkembang di CS:GO, Kamu tentunya memerlukan panduan. Berikut ini adalah tips dan tricks agar kamu dapat bermain lebih baik lagi di game ini.

1. Deathmatch & Aim Map

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Counter Strike adalah game yang memerlukan ratusan hingga ribuan jam untuk mahir. Selain itu, banyak faktor faktor yang berpengaruh dalam permainan ini, yaitu akurasi, reaction time, reflex, common sense, grenades, dan lain lain. Kita akan membahas hal tersebut satu per satu.
  1. Reflex adalah permainan muscle memory, yang artinya seberapa ingat kamu dengan tempat/sudut map tersebut ataupun seberapa ingat otot-otot tangan dan lengan dalam mengatasi recoil tembakan.
  2. Reaction time adalah seberapa cepat reaksi kamu saat musuh muncul
  3. Akurasi adalah seberapa tepat kamu dalam memindahkan crosshair kamu ke kepala musuhmu.
Agar kamu dapat melatih ketiga poin tersebut, kamu bisa mengandalkan workshop map dan deathmatch. Kami merekomendasikan map aim_botz untuk melatih ketiga poin tersebut. Bagaimana kamu melatih ketiga poin tersebut? https://www.youtube.com/watch?v=UEWp4GodXzY
  1. Kamu dapat melatih refleks melalui strafing. Dengan map yang kami telah berikan diatas, cobalah membunuh bot satu per satu melalui sudut yang berbeda. Contohnya di video di atas, Kamu perlu merubah posisi kamu setiap membunuh seseorang. Itu akan meningkatkan reflekmu.
  2. Reaction time. Hal ini sebenarnya sangat terkait dengan kondisi biologis kita yang artinya beberapa orang mungkin punya reaksi yang lebih cepat dibanding yang lain. Namun kamu dapat mengkonsumsi bayam dan telur. Selain itu, cobalah untuk tidak memikirkan banyak hal saat bermain, itu akan membantumu untuk fokus.
  3. Akurasi, Cara untuk meningkatkan akurasimu adalah sering  bermain workshop map yang telah kita cantumkan di atas, dan Deathmatch. Cobalah untuk bermain di Community Server Deathmatch dengan 128 ticks agar kamu dapat bermain melawan 15 orang lainnya.
Selain itu, Deathmatch memiliki banyak manfaat selain meningkatkan 3 poin diatas.
  1. Belajar bertahan. Dalam deathmatch (community server), kamu akan bermain melawan 15 orang (pada umumnya). Kamu bisa belajar mendefend site dalam keadaan 1vX.
  2. Entry Fragging. Kamu bisa belajar cara menjadi entry fragger di Deathmatch. Untuk belajar bagian ini, cobalah kamu berlari sepanjang map dan bunuh orang sebanyak-banyaknya.
Berapa banyak waktu yang kamu perlukan untuk melakukan Deathmatch? Itu tergantung seberapa cepat kamu ingin meningkatkan 5 faktor di atas. Kamu dapat melakukan target semisal 100 kill per hari, ataupun 3 jam sehari. Dalam Dbeathmatch, jangan memikirkan tentang topfragging ataupun lucky shot, cobalah bereksperimen dengan aim kamu sendiri.

2. Game Setting

Saat kamu pertama kali bermain, kamu perlu merubah beberapa pengaturan dalam game, seperti audio, video, dan game setting, misalnya crosshair, HUD, sensitivy, dan viewmodel. Perlu diingat, jangan mengganti setting kamu terlalu sering karena performamu tidak akan konsisten. Jika kamu merasa bahwa sensitivy kamu kurang cocok, biasakanlah untuk punya mindset "Gw yang sesuaiin, bukan gamenya yang sesuaiin gw". Itu akan berakibat konsistensi kamu meningkat, dan ini akan membantu sekali dalam perkembanganmu.

Menonton Pro Game/ Bermain dengan teman yang memiliki rank lebih tinggi

https://www.youtube.com/watch?v=bIu-0LCAdMY Selain membaca artikel ini, kamu perlu menonton pertandingan professional, dan tentunya Point Of View dari salah satu pemain professional yang sedang "On-fire". Semisal POV Coldzera dari SK Gaming melawan Immortals di de_cache. Selain itu, kamu juga perlu bermain dengan pemain yang ranknya lebih tinggi dari kamu. Kamu otomatis akan bermain jauh lebih baik karena meniru playstyle dari temanmu.

3. Ekonomi di game CSGO

CS:GO memiliki elemen strategi, karena memiliki sistem ekonomi. Setelah tiap ronde selesai, kamu akan mendapatkan uang. Yang menang akan mendapat uang yang lebih banyak daripada yang kalah. Jika kamu memiliki uang yang banyak, kamu bisa mendapat senjata dan perlengkapan yang lebih bagus, dan membuat kesempatan menang di ronde selanjutnya lebih besar. Jika kamu berada di tim yang kalah, dan uang kamu sedikit, usahakan untuk tidak membeli apa apa di ronde itu. Cobalah menabung untuk ronde selanjutnya, agar kamu mendapatkan senjata yang lebih baik. Kemungkinan besar, kamu akan kalah jika kamu membeli pistol dan lawanmu membeli rifle. Kondisi ini dinamakan eco. Karena, kemungkinan besar, kamu akan berada di situasi eco round, kamu juga wajib menguasai senjata-senjata murah yang bisa diandalkan untuk memperkecil peluang kamu kalah.

4. Grenades

https://www.youtube.com/watch?v=AzeuySdai40 Granat juga merupakan faktor penting di game ini, misalnya dalam kompetisi tingkat tinggi. Cobalah untuk belajar trick smoke, flash, dan granat dari map favoritmu, karena di tingkat rank Master Guardian ke atas, granat sangat diperlukan dan dapat mengubah situasi. Kamu bisa belajar trick granat dll di map workshop yang satu ini.

5. Gaming Gear

Gaming Gear cukup mengambil andil besar dalam perkembangan kamu di game ini. Kami akan menjelaskannya dalam beberapa poin.
  1. Mouse. Benda ini salah satu benda terpenting dalam CS:GO. Tanpa mouse, kamu tidak bisa menggerakan crosshair. Tetapi, kamu tidak boleh salah dalam memilih mouse. Setidaknya, diperlukan uang sebesar 200 ribu ataupun lebih untuk membeli mouse yang berkualitas.  Jangan memilih mouse karena fiturnya, carilah mouse yang enak saat digenggam, baru pertimbangkan fiturnya. Sejatinya, mouse gaming jaman sekarang telah dilengkapi dengan sensor sensor terbaik dikelasnya, dan lebih dari cukup untuk game seperti CS:GO.
  2. Headset. Headset juga kategori barang yang diperlukan dalam game ini, headset digunakan untuk mendengar suara di game, seperti langkah kaki, voicechat, dan lain lain. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak di sektor ini. Carilah headset yang peredaman suaranya bagus, mic yang jernih, dan, tidak kalah penting, nyaman digunakan.
  3. Keyboard. Keyboard gaming sebenarnya kalah penting di game FPS ketimbang mouse. Sejatinya, keyboard tidak terlalu dipentingkan dalam game ini, melainkan hanya digunakan untuk fungsi dasar seperti pergerakan. Kecuali jika kamu ingin memasuki dunia professional, kamu membutuhkan Keyboard TKL (Ten key-less) agar mudah dibawa kemana mana. Jika kamu telah memiliki keyboard yang masih berfungsi, usahakan jangan diganti kalau belum rusak. Uang tersebut dapat digunakan ke hal hal lain yang lebih penting.

BACA JUGA: North tandatangani kerjasama dengan SteelSeries

6. Komunikasi

Komunikasi sangatlah penting dalam permainan ini. Tanpa komunikasi, game ini akan terasa lebih sulit. Tetapi, komunikasi juga harus dibatasi. Bicaralah seperlunya, jangan menggangu temanmu saat mendengarkan step. Dan janganlah marah jika kamu kalah atau mati. Tetaplah tenang agar kamu tidak membebani pikiran temanmu.

7. Common Sense/Game Sense

Hal ini sangat penting dalam menentukan menang atau kalah di satu pertandingan. Sebagai gambarannya, Jika kamu bermain di dust2 sebagai CT, temanmu melaporkan bahwa tidak ada musuh di AL, AS, dan Mid. Dimanakah mereka? Kemungkinan mereka akan ada di T spawn, Tunnel, ataupun B. Pemain dengan gamesense yang bagus adalah :
  • Mengetahui dimana musuhnya berada
  • Mengetahui bagaimana musuhnya bermain (misal biasanya pemain B bermain di tunnel)
  • Dapat memprediksi pergerakan musuh
  • Mengetahui tempat yang sering diduduki musuh
  • Mengetahui banyak trick smoke,flash,dan granat lain
  • Mengetahui kemana dia harus pergi, dan apa yang harus dilakukannya (Decision Making)
  • Mengetahui kapan harus maju, kapan harus mundur.
Bukan berarti pemain dengan gamesense yang bagus dapat menebak semuanya. Pemain dengan gamesense yang bagus memiliki asumsi yang baik dan dapat menganalisis permainannya. Jika dia bisa mengetahui semua tempat, kemungkinan itu adalah hacker. Sekian tips dan tricks yang RevivalTV dapat berikan kepada para pembaca. Semua hal yang ditulis di sini adalah hasil pengalaman dari penulis saat bermain CS:GO selama lebih dari 3000 jam. Semoga artikel ini dapat membantu pemain pemain yang kesulitan dalam bermain CS:GO.
Diedit oleh Yabes Elia

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos