Others

Perkara Region Lock, Uni Eropa Tegur Valve dan 5 Publisher Game Lain!

Ananta ZulqurtubiSunday, 7 April 2019
Logo article
Ads

Valve dan 5 publisher game lain nampaknya harus berhadapan dengan pihak Uni Eropa karena telah memberlakukan sistem region lock.

Uni Eropa diwakili komisinya di European Commission memberikan peringatan keras terhadap 6 publisher game karena dianggap telah melanggar aturan Uni Eropa.

Sebanyak 6 publisher yang dimaksud di antaranya adalah Valve, Bandai Namco, Capcom, Focus Home, Koch Media, dan juga Zenimax.

Uni Eropa

Aturan yang dimaksud di sini adalah aturan Geo-Block atau kita lebih mengenalnya dengan istilah region lock dalam memasarkan produk gamenya.

Valve dan 5 publisher lain dianggap telah melarang para konsumen untuk membeli game yang lebih murah di negara yang memiliki regional pricing yang murah.

BACA JUGA: Minor Ketiga! BOOM.ID Berhasil Lolos ke Main Event Dota PIT Minor 2019

“Konsumen tidak boleh dicegah untuk berbelanja di antara Negara Anggota untuk menemukan penawaran terbaik yang tersedia," ucap Komisioner Uni Eropa, Margrethe Vestager.

Hal ini artinya mereka telah dianggap melanggar aturan Antitrust, di mana aturan tersebut menyatakan harus adanya persamaan pada seluruh kondisi pasar di negara Uni Eropa (anti monopoli).

Uni Eropa

Margrethe Vestager

Region lock sendiri memang dimaksudkan oleh para developer game untuk menghindari para konsumen yang mengambil celah dengan mengambil harga termurah dari suatu game.

Hal ini terutama dilakukan pada penjual yang menggunakan jasa gift dari Steam yang bakal mendapatkan untung lebih apabila tidak diterapkannyaregion lock.

Sementara itu menanggapi peringatan ini, Valve memberikan respon cepat dengan pengurangan hingga hanya 3% dari game yang ada di Steam yang masih menggunakan region lock.

Uni Eropa
Hanya 3% game Steam yang menggunakan regional lock

Selain itu Valve juga sudah mematikan fitur region lock-nya pada tahun 2015 di wilayah Uni Eropa dengan pengecualian yang "diperlukan untuk persyaratan hukum setempat," seperti undang-undang konten Jerman misalnya, ataupun area yang terpengaruh oleh perjanjian distribusi.

"Penghapusan region lock berarti publisher kemungkinan akan menaikkan harga di daerah yang kurang makmur untuk menghindari arbitrase harga," tambah Valve.

https://wp.revivaltv.id/fc-barcelona-kembali-rambah-esports-dengan-rekrut-pemain-rocket-league/

Dengan pembelaan yang dilakukan Valve dan publisher lain, pihak Komisi Uni EROPA menyatakan masih mengkaji pembelaan yang dilakukan.

Jika nantinya Valve dan 5 publisher lain dianggap bersalah, maka mereka diancam terkena denda 10% dari pendapatan mereka pertahunnya.

Editor: Yubian Asfar

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos