Counter-Strike

Hilangnya Cache dari Active Map Pool, Apa Komentar Pemain Profesional?

JuandiSaturday, 30 March 2019
Logo article
Ads

Pada Jumat (29/3/19), Valve secara resmi melepas update terbaru mereka untuk Counter-Strike: Global Offensive. Update ini membawa perubahan yang cukup besar, khususnya pada ekosistem profesional dengan mengganti Cache dengan Vertigo di active duty map pool.

Selain itu, mereka juga membawa beberapa update kecil, seperti music kit baru, dan stiker.

Dengan update ini, Vertigo akan menjadi map yang dapat dimainkan di ranah kompetitif. (Sumber: Valve)

Cache sebagai salah satu map terlama di active duty map pool akan digantikan oleh Vertigo. Map tersebut sebenarnya sudah muncul sejak versi Counter-Strike 1.6.

Map tersebut dikonversi dan masuk ke dalam CS:GO pada Oktober 2012 silam. Namun map ini hanya masuk ke golongan Reserves Group alias map cadangan.

Sempat dihapus dari map resmi CS:GO, pada Januari 2019 lalu, Vertigo muncul kembali dan telah dirubah sedemikian rupa agar orang-orang tertarik untuk bermain di map ini.

Hingga akhirnya hari ini Vertigo ditunjuk sebagai map resmi untuk dimainkan di pertandingan kompetitif CS:GO.

Hal ini juga berarti Cache untuk sementara tidak akan dimainkan lagi di ranah kompetitif CS:GO, dan akan digantikan oleh Vertigo.

StarLadder Major Berlin 2019 mendatang juga akan menjadi major perdana yang menggunakan update Vertigo terbaru ini di pertandingannya.

https://www.youtube.com/watch?v=sNtMDxlzoQQ&feature=youtu.be

Sempat menjadi map terfavorit di ranah kompetitif CS:GO, belakangan pamor Cache redup seperti yang dijabarkan oleh statistik.

Hingga di penghujung Maret 2019, Cache menjadi map favorit ke-6 dari 7 map yang ada di active duty map pool . Cache berada tepat di antara map Dust2 dan Nuke.

Untuk mengetahui pandangan para pemain profesional tentang update ini, kami mencoba menghubungi salah satu pemain Lucid Dream asal Thailand, yaitu Phoomphat "qq" Phojjanart.

Responnya pun cenderung positif, menyambut baik perubahan-perubahan baru di CS:GO agar tidak monoton.

Mantan pemain Signature Gaming ini merespon positif masuknya Vertigo ke dalam Acitve Map Pool. (Sumber: HLTV)

Saat ditanya reaksi pertama melihat update CS:GO ini, qq mengungkapkannya dengan satu kata, "luar biasa". Ia mengatakan sangat suka saat dirinya bisa bermain map baru. "Itu membawa kesenangan tersendiri, dan ide baru," lanjutnya.

Kami juga menanyakan tentang kemungkinan Cache untuk lenyap dari ranah kompetitif selama-lamanya. Pemain dengan IGN qqGod ini tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

https://wp.revivaltv.id/statistik-astralis-dalam-angka-unggul-dan-dominan/

Ia yakin map ini akan kembali ke active map pool secepatnya karena Cache merupakan salah satu map terlama di map pool yang belum mendapatkan perubahan secara besar-besaran. Sebut saja Inferno, Dust2, dan Nuke yang telah terlebih dahulu mendapatkan perubahan besar-besaran.

Karena qqGod sempat mencicipi versi Counter-Strike 1.6, kami penasaran apakah dia mengetahui Vertigo secara keseluruhan dan apakah map lama ini dapat diterima para kalangan sebagai map resmi untuk ranah kompetitif CS:GO. Jawabannya pun positif mendukung.

"Saya tidak pernah bermain Vertigo di CS:GO sebelumnya. Tapi saya pernah bermain di sana saat versi CS 1.6.

Walaupun begitu saya hanya mengetahui ada ruangan boost di dalam map tersebut. Saya pikir karena mereka telah menaruh itu di map pool, kita harus menerimanya dan bermain di sana. Itu seharusnya menyenangkan."

cache digantikan vertigo
Vertigo menerapkan konsep yang berbeda dari map CS:GO yang lainnya dengan latar belakang gedung pencakar langit. (Sumber: DeS)

Jika kamu dapat menentukan, apakah kamu lebih ingin Cobblestone untuk kembali ke Active Map Pool atau tetap dengan keputusan Vertigo untuk menggantikan Cache. Dan kenapa?

"Saya pikir setiap map memiliki keunikannya sendiri jadi saya tidak akan memilih map apapun untuk menggantikan map yang lain," ungkap qqGod.


BACA JUGA: Yao Resmi Kembali Ke PSG.LGD Sebagai Pelatih!

Selain itu, ada perubahan-perubahan lain yang dialami CS:GO di hari ini. Kami menyajikan changelog singkat tentang hal yang dirubah pada update kali ini.

[BARU]

  • Music Kit baru bernama EZ4ENCE oleh The Verkkars diluncurkan. Music kit ini di dedikasikan kepada ENCE Esports yang berhasil meraih runner-up pada IEM Katowice 2019 lalu.
  • Sticker Capsule baru bernama Feral Predators telah tersedia untuk dibeli.

[MAP]

  • Cache dipindahkan dari Active Duty Map Pool ke Reserves Group
  • Vertigo dipindahkan dari Reserves Group ke Active Duty Map pool

[GAMEPLAY]

  • Memperbaiki bug dimana grenades dapat melewati pintu yang tertutup.
  • Memperbaiki bug dimana senjata dapat diambil melewati tembok ataupun pintu.

[LAIN-LAIN]

  • Memperbaiki bug tekstur map tidak dimuat saat menggunakan launch options -d3d9ex
  • Memperbaiki beberapa bug kecil

Bagaimana menurutmu tentang update terbaru dari Valve ini? Apakah hal ini akan berpengaruh pada ekosistem kompetitif di CS:GO nantinya?

Kapan Cache akan dikembalikan di active map pool lagi? Mari kita tunggu saja tanggalnya!

Editor: Yubian Asfar

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos