Others

Napak Tilas Turnamen Nintendo di Indonesia pada Tahun 1989, Benar Ada?

Rafdi Muhammad HabiburrahmanWednesday, 3 July 2019
Logo article
Ads

Perkembangan esports di tanah air memang beberapa tahun ini berkembang secara masif. Hal itu bukan hanya karena komunitas esports Indonesia, melainkan mulai diakuinya esports oleh pemerintah Indonesia.

Tentunya, perkembangan esports di Indonesia membutuhkan waktu dan momen yang lama, salah satu momen tersebut adalah 16 tahun lalu, ketika Mall Taman Anggrek yang dijadikan sebagai tempat penyisihan untuk turnamen World Cyber Games (WCG) di tahun 2003 silam.

https://wp.revivaltv.id/melihat-kembali-taman-anggrek-16-tahun-lalu-sebagai-markas-esports/

Tapi, jauh sebelum esports berkembang seperti sekarang, ada rumor tentang perjalanan esports di Indonesia rupanya sudah dimulai sejak tahun 1989, lho.

https://twitter.com/iambadung/status/1144113634768850945

Hal itu diketahui dari cuitan Twitter akun @iambadung pada tanggal 27 Juni 2019 lalu.

Akun tersebut mengunggah foto yang memperlihatkan spanduk untuk menyambut peserta kompetisi Nintendo pada tahun 1989 yang diselenggarakan di Mall THR Surabaya yang kini bernama Hi-Tech Mall.

Namun, akun tersebut mengatakan bahwa foto yang diunggahnya tidak bisa dipastikan jika itu nyata atau hanya editan. "Tapi ga tau ya editan apa bukan. Hahahhaa," tulis Purwanto Hasan, pemilik akun @iambadung.

Lomba Nintendo Tingkat Jatim 1989.
Sumber: Twitter @Iambadung

Usut punya usut, foto tersebut foto tersebut pernah dipublikasikan oleh Indogamers pada 17 Mei 2016 silam.

Menurut Duniagames.co.id yang saat itu menghubungi penulis terkait, rupanya foto tersebut didapatkannya melalui fanspage Facebook pada tahun 2016 lalu.

Di samping temuan foto dokumentasi turnamen esports tertua, sejarah eSports di Indonesia sebenarnya sudah berkembang sejak kemunculan beberapa turnamen game tahun 2000-an.

BACA JUGA: Moonton Sebut 8 Tim “Investasi” di MPL Season 4, Siapa Saja?

Di mana internet sudah mulai masuk dan beberapa game online mulai bertebaran di warung-warung internet.

Perjalanan esports tanah air sendiri dimulai dari turnamen game di warung internet hingga di beberapa mall kota besar.

Menurut sobat Revival, apakah foto tersebut asli ataukah hanya editan? jika asli, berarti esports di Indonesia memang sudah diterima oleh banyak orang sejak dulu ya sobat Revival.

Editor: Yubian Asfar

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos