Overwatch

YouTube Bayar Blizzard Sebesar USD 160 Juta Untuk Dapatkan Hak Siar Eksklusif

Rafdi Muhammad HabiburrahmanSunday, 16 February 2020
Logo article
Ads

YouTube tampaknya ingin menjelma menjadi salah satu platform streaming untuk esports terbaik, menggantikan posisi dari Twitch.

Langkah besar yang dilakukan YouTube untuk menjadi platform streaming esports. YouTube telah membeli hak siar eksklusif untuk ketiga judul esports milik Activision Blizzard.

Ketiga judul esports tersebut adalah Call of Duty (Call of Duty League), Hearthstone, dan Overwatch (Overwatch League).

Hasil gambar untuk call of duty league and overwatch league
Sumber: YouTube Gaming

Tidak tanggung-tanggung, YouTube mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk mendapatkan hak siar eksklusif selama tiga tahun tersebut yaitu sebesar USD 160 juta.

Dilansir dari esports observer, Blizzard tidak mau memberikan detail tentang pembagian uang hak siar dari ketiga judul esports tersebut, akan tetapi YouTube membeli hak siar OWL dan CDL sedangkan untuk Hearthstone merupakan konten gratis yang diberikan Blizzard ke YouTube.

Wakil Presiden Senior Endeavour / Esports, Stuart Saw mengatakan bahwa hal ini adalah sebuah momen besar bagi esports.

BACA JUGA: Kemenpora Siap Masukan Esports di Rencana Undang-Undang

Blizzard
Sumber: Blizzard

"Secara eksternal, ini adalah salah satu contoh pertama di mana strategi lintas-grup Google segera terlihat. Tangan kanan memuji kiri.

"Ini adalah akuisisi utama dan bukti konsep besar untuk Cloud dan YouTube. Mereka berdua akan mencari untuk menggunakan ini sebagai studi kasus," ungkap Saw.

Dengan kerjasama ini juga, Twitch tampaknya harus mulai was-was karena mereka akan kehilangan jumlah penonton yang besar untuk Overwatch.

Share this Article

Ads

Tags Populer

Ads
Home
News
Competition
Live Score
Videos